Mesir, Negeri Yang Disebut-sebut Al Qur’an dan Hadits

Satu dari sedikit negeri yang termaktub di dalam Al Qur'an bahkan disebut berkali-kali

Mesir, satu dari sedikit negeri yang termaktub di dalam Al Qur’an bahkan disebut berkali-kali.

Imam Jalaluddin As-Suyuthi ulama kebanggaan Mesir menulis dalam kitab Husnul Muhadharah Fi Tarikh Mishr wal Qahirah dengan judul,

ذكر المواضع التي وقع فيها ذكر مصر في القرآن صريحًا أو كناية

Ibnu Zulaq (w 387) berpendapat bahwa kata Mesir disebutkan sebanyak 28 kali dalam Al Qur’an, tetapi Imam Suyuthi, penulis Al Itqan fi Ulumil Qur’an menyatakan bahwa Mesir disebut lebih dari 30 kali. Penyebutan itu ada yang secara terang-terangan ada yang berupa kinayah. Adapun Abdullah bin Abbas menyebut bahwa Mesir disebut Al Qur’an di sepuluh tempat.

Baca juga: Al Azhar Pusat Keilmuan Islam Tertua di Dunia

Di antara surah yang menyebut Mesir itu ialah Al-Baqarah ayat 61, Yunus ayat 87, Yusuf ayat 21 dan lain sebagainya. Seperti ayat berikut ini:

ٱدۡخُلُواْ مِصۡرَ إِن شَآءَ ٱللَّهُ ءَامِنِينَ

“Masuklah kamu ke negeri Mesir, insya Allah dalam keadaan aman.” [Surah Yūsuf: 99]

Selain itu Mesir juga disebutkan dalam Surah Yusuf ayat 30, 55, 56, 80, lalu Az-Zukhruf ayat 51, Al-Qasas ayat 4, 5, 6, 15, 18, 19, Ghafir ayat 26 dan 29, Ad-Dukhan ayat 25-26, Asy Sy’ara ayat 35, 57, 58. Kemudian Al A’raf ayat 110, 123, 127, 128, 129, dan 137. Selanjutnya Al-Mukminun ayat 50, Az Zukhruf ayat 51, Yunus ayat 93, Al Maidah ayat 21, Fusshilat ayat 10, Al Baqarah ayat 265, As Sajdah ayat 27, dan Al Fajr ayat 7-8 serta lainnya.

Baca juga: Imam Syarqawi Syekhul Azhar Faqih nan Sufi

Mesir juga banyak disebutkan dalam hadis Nabi Saw. Ibnu Zulaq atau Hasan bin Ibrahim Al Mishry yang merupakan pakar sejarah menulis buku Fadhail Mishr wa Akhbaruha wa Khawasuha. Di dalamnya dicantumkan paling tidak 20 hadis yang memuat Mesir di dalamnya. Saah satunya ialah:

إِنَّكُمْ سَتَفْتَحُونَ مِصْرَ، وَهِيَ أَرْضٌ يُسَمَّى فِيهَا الْقِيرَاطُ ، فَإِذَا فَتَحْتُمُوهَا فَأَحْسِنُوا إِلَى أَهْلِهَا ؛ فَإِنَّ لَهُمْ ذِمَّةً وَرَحِمًا

Dari Abu Dzar, Rasulullah Saw bersabda: Sungguh kamu sekalian pasti akan menaklukkan negeri Mesir, yaitu suatu wilayah yang dinamai Al Qirath. Apabila kalian telah dapat menguasainya, maka berbuat baiklah kepada para penduduknya. Karena mereka memiliki hak untuk dilindungi (dzimmi) ataupun karena hubungan tali saudara (rahima). (HR. Muslim).

Baca juga: Konferensi Pemuka Agama Dunia Bahas Pembangunan Spiritual dan Sosial Masyarakat

Sebagaimana diketahui bahwa Mesir menjadi salah satu peradaban tertua di dunia. Negeri Kinanah yang jadi jejaknya para Nabi, sahabat, Awliya hingga Alim Ulama dunia yang karyanya masih dinikmati hingga saat ini.


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi