Kiat Mewujudkan Keluarga Sakinah di Tengah Pandemi

Sejak masa pandemi datang, banyak aktivitas yang sebelumnya dilakukan di luar rumah menjadi di dalam rumah.

Sebagian ada yang mensyukurinya karena bisa lebih dekat dengan keluarga. Tetapi ada sebagian kecil yang karena lebih intens bertemu justru menimbulkan konflik baru.

Entah bibit konflik itu sudah ada sejak sebelum pandemi atau bukan, yang jelas sebagian konflik itu ada yang sampai menimbulkan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Komnas Perempuan mencatat bahwa kasus KDRT terhadap perempuan meningkat selama pandemi.

Padahal keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat. Jika keluarga baik maka masyarakat pun akan baik. Begitu juga jika keluarga bahagia, maka masyarakat sejatinya juga akan bahagia.

Dengan kata lain keluarga itu pondasi masyarakat. Baik buruknya masyarakat tergantung keluarga. Rasulullah Saw sebagai teladan umat manusia telah menjadikan sikap terhadap keluarga menjadi tolok ukur kebaikan.

خَيْرُكُمْ خَيْرُكُمْ لِأَهْلِهِ، وَأَنَا خَيْرُكُمْ لِأَهْلِي

Nabi Saw bersabda: “sebaik-baik kamu ialah yang paling baik kepada keluarganya. Dan aku adalah yang paling baik kepada keluargaku (HR.Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Rasulullah juga mengingatkan kaum suami agar menghormati dan melindungi serta memenuhi hak-hak istri.

فَاتَّقُوا اللَّهَ فِي النِّسَاءِ، فَإِنَّكُمْ أَخَذْتُمُوهُنَّ بِأَمَانَةِ اللَّهِ وَاسْتَحْلَلْتُمْ فُرُوجَهُنَّ بِكَلِمَةِ اللَّهِ

Maka bertaqwalah kepada Allah menyangkut perempuan. Karena kalian menerimanya atas dasar amanat Allah, dan menjadi halal hubungan seks atas dasar kalimat Allah (HR. Ibnu Majah).

Keluarga yang harmonis adalah keluarga yang menjaga keseimbangan serta menjalankan fungsi keluarga dengan baik.

Lalu fungsi keluarga seperti apa yang bisa membantu untuk merengkuh keharmonisan atau dalam istilah yang populer mencapai keluarga yang sakinah?

1. Fungsi Keagamaan
Fungsi Keagamaan
Ilustrasi. (Foto: FreePik)

Setiap bangunan tergantung pondasinya. Kalau pondasinya rapuh, maka mudah ambruk dan sebaliknya. Maka agama sudah selayaknya menjadi pondasi bagi setiap keluarga.

Bagaimana hak dan kewajiban suami istri, tujuan perkawinan serta nilai-nilai agama seperti apa yang mesti dijalankan keluarga.

من تزوج فقد أكمل نصف دينه فليتق الله فى النصف الباقي

Siapa yang menikah, maka ia telah menyempurnakan setengah dari keberagamaannya. Maka bertakwalah kepada Allah untuk berusaha menyempurnakan setengah sisanya itu (HR. Baihaqi).

Termasuk bagaimana agar anak bisa hidup di tengah masyarakat yang berbudaya, menjadi warga negara yang baik. Maka keluarga menjadi benteng budaya, filter dari budaya yang bertentangan dengan nilai-nilai ajaran agama.

2. Fungsi Kasih Sayang dan Cinta
Fungsi Kasih Sayang dan Cinta
Ilustrasi. (Foto: FreePik)

Hubungan yang harmonis antara suami istri dan juga anak-anak adalah dambaan. Maka setiap orang mesti saling sayang menyayangi dan kasih mengasihi.

Nabi bersabda: “Siapa yang tidak menyayangi, tidak akan disayang” (HR. Bukhari)

Yakni bagaimana membangun komunikasi yang baik, saling terbuka, jujur, saling menghormati, serta bertanggung jawab dalam perannya masing-masing. Dan yang terpenting keharmonisan ruhani sebagaimana disabdakan Nabi Saw.

الْأَرْوَاحُ جُنُودٌ مُجَنَّدَةٌ، فَمَا تَعَارَفَ مِنْهَا ائْتَلَفَ، وَمَا تَنَاكَرَ مِنْهَا اخْتَلَفَ

Jiwa berkelompok-kelompok, bagaikan kelompok tentara. Jiwa yang saling mengenal akan harmonis dan yang tidak saling mengenal akan berselisih. (HR. Bukhari)

3. Fungsi Perlindungan
Fungsi Perlindungan
Ilustrasi. (Foto: FreePik)

Mereka adalah pakaian bagimu dan kamu adalah pakaian untuk mereka. (Surah Al-Baqarah: 187).

Pakaian itu fungsinya melindungi, melindungi dari aneka ancaman dan bahaya serta krisis di dunia tapi juga di akhirat. Di dalam keluarga suami istri saling melindungi, baik secara lahiriah maupun batiniah.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ قُوٓاْ أَنفُسَكُمۡ وَأَهۡلِيكُمۡ نَارٗا

Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka (At-Tahrim: 6).

Pakaian juga berfungsi untuk menutup aurat, maka saling menutupi aib masing-masing.

Pakaian juga dijadikan sebagai perhiasan, maka masing-masing anggota keluarga menampilan tampilan yang baik, bersih, rapih, dan indah secara lahir batin.

4. Fungsi Ekonomi
Fungsi Ekonomi
Ilustrasi. (Foto: FreePik)

Kepala keluarga wajib memenuhi kebutuhan keluarganya. Tetapi jika diperlukan suami istri hendaknya bisa bekerja sama demi memenuhi kebutuhan.

Termasuk bagaimana perencanaan keuangan dan pengelolaan harta keluarga. Bagaimana dibelanjakan sesuai posnya secara tepat dan proporsional. Seperti konsumsi kebutuhan pokok, tabungan, investasi sampai zakat, infaq, sedekah dan wakaf.

5. Fungsi Pendidikan dan Pengasuhan
Fungsi Pendidikan dan Pengasuhan
Ilustrasi. (Foto: FreePik)

Ibu adalah madrasah pertama bagi anak. Tetapi perlu diingat bahwa suami adalah pimpinan dari madrasah itu.

Tanggung jawab pendidikan dan pengasuhan bukan tanggung jawab ibu sendiri, tapi ayah dan ibu. Baik suami maupun istri, keduanya tidak boleh berhenti belajar. Keduanya juga bisa saling mengajar dan mendidik.

Keduanya bersinergi dalam mendidik dan mengasuh anak sesuai masa tumbuh kembangnya. Demi mempersiapkan anak untuk berbakti bagi agama, nusa dan bangsa.

Salah satu nasihat yang dinisbatkan pada Sayyidina Ali: Ajarlah anak anakmu (pengajaran yang sesuai masanya), karena mereka hidup pada masa yang berbeda dengan masamu.

Dalam membangun keluarga yang sakinah, ada baiknya kita memahami bahwa Allah menitipkan sakinah itu letaknya di qalbu. Maka sakinah bisa diperoleh kalau kita memperbaiki hubungan dengan Allah yakni di antaranya dengan cara membersihkan qalbu dan menyucikannya.

Sebagaimana Allah Swt berfirman,

هُوَ ٱلَّذِىٓ أَنزَلَ ٱلسَّكِينَةَ فِى قُلُوبِ ٱلْمُؤْمِنِينَ لِيَزْدَادُوٓا۟ إِيمَـٰنًۭا مَّعَ إِيمَـٰنِهِمْ ۗ

Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin untuk menambah keimanan atas keimanan mereka (yang telah ada). (Al-Fath: 4).


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi